Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ukuran Di Dalam CSS


Salam Coder ^_*


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan mengenal jenis-jenis satuan ukuran di dalam CSS. Hal ini sangat penting sekali dan merupakan halm mendapar untuk memulai belajar CSS. Kita perlu memahami Panjang dan Lebar yang kita butuhkan sesuai dengan yang kita inginkan.

Banyak fungsi dan kegunaan ukuran dalam CSS ini seperti mengatur lebar dan tinggi, ukuran font, margin, padding dan lain sebagainya. Tapi yang perlu diketahui ada banyak satuan ukuran pada css ini, meski yang sering digunakan adalah % dan px namun tidak menutup kemungkinan kita membutuhkan satuan ukuran css selain itu.

Jenis-jenis Ukuran CSS

Satuan Pixel (px)
Satuan pixel merupakan yang paling sering digunakan, namun yang perlu diketahui untuk menentukan satuan ukuran menggunakan pixel maka harus membutuhkan akurasi sebuah perangkat.


Satuan Point (pt)
Jika kita sering menggunakan perangkat office seperti word, maka tentunya kita akan tahu satuan point (pt) ini ternyata digunakan untuk menentukan ukuran teks, dimana 1 inchi sama dengan 72pt sehingga 12 pt adalah seperdelapan inchi.


Satuan Persentase (%)
Satuan persentasi tidak bergantung pada ukuran elemen sebuah dokumen namun berdasarkan ukuran induk elemen (device). Ukuran persentase ini menyesuaikan lebar dari perangkat yang digunakan, sehingga pada ukuran device apapun maka jumlah persentasenya sama.


Satuan Em
Satuan ini memiliki ukuran relatif pada setiap ukuran font di layar anda sekarang, 1 Unit Em-Height (em) sama dengan besar ukuran yang turunkan tag tersebut.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis satuan ukuran yang bisa digunakan pada css. Sobat juga dapat mndefinisikan ukuran dengan menggunakan cm, mm, m, ukuran tersebut adalah ukuran baku yang sering digunakan untuk ukuran standar centimeter, milimeter, dan meter.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Penulis juga masih terus belajar dan Maaf jika masih banyak kekurangan. Apabila ada yang kurang jelas dan ingin di pertanyakan, bisa langsung tulis di kolom komentar di bawah ini.

Salam Coder
Penulis
www.dhiecoderweb.com

Posting Komentar untuk "Jenis Ukuran Di Dalam CSS"